Bencana Gempa dan Tsunami Aceh, 26 Desember 2004, Kisah Kelam di Ujung Tahun.

26 Desember 2004…..

Gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km (di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam). Gempa itu disertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai di Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara), Sri Langka, India, Bangladesh, Malaysia, Maladewa dan Thailand.

Menurut Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jan Egeland, jumlah korban tewas akibat badai tsunami di 13 negara (hingga minggu 2/1) mencapai 127.672 orang. Namun jumlah korban tewas di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Afrika Timur yang sebenarnya tidak akan pernah bisa diketahui, diperkirakan sedikitnya 150.000 orang. PBB memperkirakan sebagian besar dari korban tewas tambahan berada di Indonesia. Pasalnya, sebagian besar bantuan kemanusiaan terhambat masuk karena masih banyak daerah yang terisolir.

Sementara itu data jumlah korban tewas di propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara menurut Departemen Sosial RI (11/1/2005) adalah 105.262 orang. Sedangkan menurut kantor berita Reuters, jumlah korban Tsunami diperkirakan sebanyak 168.183 jiwa dengan korban paling banyak diderita Indonesia, 115.229 (per Minggu 16/1/2005). Sedangkan total luka-luka sebanyak 124.057 orang, diperkirakan 100.000 diantaranya dialami rakyat Aceh dan Sumatera Utara.

Iitulah kisah suram 5 tahun silam yang terjadi di penghujung tahun 2004 silam. Namun, seiring waktu berjalan, segala perbaikan terus berjalan. Setidaknya, begitulah yang terbaca dan terdengar di media massa.

Akan tetapi, ironinya, masih terlihat adanya barak-barak yang berpenghuni, seperti di bantaran sungai Krueng Aceh, yang di kenal dengan Barak Bakoy. Memang kita tidak bisa menduga, apa yang terjadi ? Dengan dana yang melimpah, di dukung oleh sumber daya manusia yang multi culture, high intelegence, tapi semua ini masih terhidang di depan kita. Aneh..

Barak bakoy adalah salah satu bukti dari kisah silam yang masih ada, mungkin juga masih ada bakoy-bakoy lain yang belum sempat penulis tahu.

pict from : http://sekoteng.files.wordpress.com/2009/09/aceh.jpg

About these ads

108 thoughts on “Bencana Gempa dan Tsunami Aceh, 26 Desember 2004, Kisah Kelam di Ujung Tahun.”

  1. baru tahu kok masih ada yg belum beres… bisa share foto barak bakoy …

    gempa ini no 2 terbesar sejak 1970, namun no 1 yg disertai Tsunami.
    gempa no 1 9.9SR 2 April 2009 di Tennessee, Amerika.

    Mungkin kita perlu sedikit mencari tahu penanganan di Amerika tsb.

    silahkan jika berkenan ke blog saya, sedikit share ttg update gempa.

    tetap waspada.

    1. belajar pengalaman negara2 lain menangani kondisi pasca bencana, mungkin kita layak mencontoh seperti negara jepang, bagaimana mereka bisa menyiapkan langka2 strategis dengan konsep DRR (Disaster Risk Reduce)..

      Saya pikir, decision maker kita pun tau akan hal ini, kembali kepada persoalan moral, apakah nurani mereka bisa mengalahkan loogika untuk mengambil kebijakan yang tepat.

      Mengenai foto barak bakoy, ntar saya share mas..

      Saya udah mampir di blognya mas, info dan data2nya akurat banget.. Layak jadi bahan refernsi tentang gempa.. :)

    1. salam kenal juga mas..

      Mengenai info gempa yang lebih fix, mungkin bisa mengunjungi blognya mas Richocean. Beliau punya data lengkap..

      Blog mas Richo >> _www.richocean.wordpress.com_

      Semoga membantu mas.. :)

  2. Yang alami bencana sampai saat ini masih menderita, yang berkedok bawa bantuan sekarang jadi kaya raya. Mareka dengan logat yang kental dari suatu daerah mencari data penduduk dan ditandatangani oleh lurah setempat namun bantuna tidak pernah sampai, semoga Allah mengutuk orang yang demikian.

  3. bencana g sangt dasyat menimpa Aceh. Kasihan sekeli…. aku doain semoga tabah terus…. SEMANGAT PANTANG MENYERAH YAA….

  4. bencana yg sangt dasyat menimpa Aceh. Kasihan sekeli…. aku doain semoga tabah terus…. SEMANGAT PANTANG MENYERAH YAA….

  5. BENCANA ALAM, SEMOGA UMAT ISLAM SADAR

    Saya mendapat sms dari +62817542xxxx yang isinya sebagai berikut;
    NAFAIS TSAMRAH: Allah berfirman: Hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka dengan hukum yang di turunkan oleh Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian yang Allah turunkan kepadamu. Ketahuilah, sesungguhnya Allah menghendaki menimpakan musibah kepada mereka, karena dosa-dosa mereka. Sesungguhnya kebanyakan manusia itu fasik (Q.s. al-Maidah: 49). Semoga musibah demi musibah ini segera menyadarkan penguasa dan rakyat di negeri Muslim terbesar ini agar kembali kepada syariat-Nya.

    Sms ini saya dapat ketika umat Islam Indonesia sedang tertuju perhatiannya pada kasus gempa di Padang yang menelan korban ratusan manusia.

    Benar apa yang dikatakan pengirim sms ini. Kita berkali kali di ingatkan Allah SWT agar kita kembali kepada Syariat Nya. Bangsa Indonesia ini terlalu banyak maksiat. Aneka macam kemaksiatan judi, zina, pembunuhan dll begitu leluasa karena bangsa ini tidak mengadopsi hukum yang dapat memberikan efek jera dan penebusan di akhirat, justeru sebaliknya malah mengadopsi sistem hukum thaghut yang sama sekali tidak membawa kebaikan dunia akhirat.

    Saat ini pemerintah pun di repotkan dengan jumlah kriminalitas yang tinggi. Dan hukum yang di terapkan saat ini samasekali tidak dapat dijadikan sebagai penebusan di akhirat kelak. Oleh karena itulah kita butuh untuk menerapkan hukum-hukum Allah yang tentu saja dapat meminimalkan kejahatan, memberikan efek jera serta dapat menjadi penebus di akherat kelak.

  6. y,allah…
    smoga di blik smw bncana2 yg prnah trjadi di bumi ini akn mnjadi suatu plajarn tuk kmi agr kmi kmbli kpdamu dn sllu ingat kpdamu
    smoga kw mmberikn ktenangan,kbahagiaan.ktentraman…
    tuk mnusia yg da di bumi ini…
    amin….

  7. terima kasih masih menyinpan laporan ini kerana amat berguna isi2 nya..
    saya turut berdukacita d atas kjadian ini.. :(

  8. keprihatinan masih terasa dalam jiwa… meskipun itu semua telah berlalu pada 5 tahun yang lalu… akan tetapi hal tersebut belum juga dijadikan masyarakat Indonesia sebagai pelajaran yang mendalam… seharusnya dengan adanya hal tsb kita menjadi bangsa yang penuh taat dalam toleransi… pada aspek-aspek kehidupan yang kita jalani….

  9. semoga seluruh umat tobat ke jalannya…agar tidak ada lagi kejadian seperti itu…

    subhanallah…ya tuhan ku

  10. Benarkah tsunami aceh, bencana alam?
    Pernahkah berfikir kenapa terjadi tsunami di Aceh? padahal tidak ada siklus tahunan tertentu di aceh sebegai daerah rawan tsunami.
    Mungkinkah aceh serambi mekah namun di azab oleh Allah SWT.?

  11. Pasrah saja,toh yang menguasai alam semesta ini hanya Allah Subhanahuwata’ala.Jd tersesah dia mau berbuat apa.Kan manusia sudah susah di atur .. :(

  12. Aceh sombong waktu tsunami dulu dibantu sama bendera merah putih tp skrng kok malah bikin bendera sendiri ? Dan skrng diguncang gempa lagi kan yg berkekuatan 6,2 skala richter untung gk tsunami lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s