Gempa 8,8 SR di Chile, Salah Satu Rekor Gempa Terbesar di Dunia

Ternyata dari hasil lihat – lihat web berita luar (AP), saya mendapatkan info cukup mengagetkan karna ternyata di Chile juga terjadi gempa bumi. Dalam waktu 2,5 jam setelah gempa berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Chile, U.S. Geological Survey mencatat ada 11 gempa susulan, lima diantaranya berkekuatan 6,0 SR atau lebih. Gempa utamanya sendiri berlangsung selama 90 detik.

Gempa Chile Terjadi Setelah Gempa bumi Jepang di hari yang sama, dimana kekuatan gempa bumi di chile sebesar 8,8 pada skala Richter. Gempa berkedalaman 35km yang terjadi pada pukul 3.34 waktu setempat atau pukul 13.34 WIB itu merobohkan gedung-gedung dan meretakkan jalanan. Dikabarkan gelombang besar serupa tsunami menghantam wilayah di Kepulauan Robinson Crusoe 660 kilometer dari pesisir Chile.

Sebelumnya peringatan tsunami sempat dikeluarkan untuk wilayah-wilayah Amerika Selatan, Hawaii, Australia, Selandia Baru, Jepang, Filipina, Rusia, dan beberapa kepulauan di Pasifik.

Kondisi kerusakan yang parah membuat Presiden Bachelet mengumumkan keadaan bencana di Chile. Meski begitu, ia menghimbau warga agar tidak panik dan menghindari bepergian karena kondisi gelap gulita menyusul padamnya aliran listrik.

4 thoughts on “Gempa 8,8 SR di Chile, Salah Satu Rekor Gempa Terbesar di Dunia

  1. Wah, seperti ya rasanya gempa sebesar 8,8 SR.
    Di Jogja kemarin ‘cuma’ 6 SR saja goyangannya sudah dahsyat seperti itu.
    Hiiyy, tidak bisa membayangkan betapa dahsyatnya kerusakan akibat gempa di Chili ini.

    1. di Aceh 8.5 SR. 0.3 lebih besar yang di chili. Klu di Aceh kerusakan banyak terjadi karena tsunami, sedangkan akibat gempa dalam skala yang kecil, krn kontruksi bangunan yang “lumayan”. To, klu Allah SWT sudah berkehendak, Jepang yang terkenal dengan bangunan anti gempa aja bisa tumbang..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s