Kapal PLTD Apung : Bukti Nyata Tsunami Bagi Anak Cucu Kita

Kapal PLTD Apung (bobot 2.600 ton, panjang 63 meter dengan luas 1.600 m2) milik PLN NAD yang terdampar ke darat sejauh +/- 5 km dari laut pada saat kejadian gempa dengan kekuatan 9.3 SR dan gelombang tsunami setinggi 30 mtr pada hari minggu pagi 26 Desember 2004 silam yang menghancurkan wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam serta merenggut korban manusia +/- 300.000 jiwa. 2/3 wilayah Kota Banda Aceh merupakan kawasan yang paling parah mengalami kehancuran dan setengah dari penduduknya (230.000 ribu) nyawa menjadi syuhada saat itu juga. Kapal PLTD Apung ini sekarang menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan juga domestik.

Hampir semua tamu negara yang berkunjung ke Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang ke Aceh ingin membuktikan kejadian nyata yang sangat dahsyat tersebut. Pada awal-awal kejadian tsunami, Sekjen PBB, Kofi Anan dan mantan Presiden Amerika Serikat Georges Bush dan Bill Clinton langsung datang menyaksikan keberadaan kapal tersebut. Selanjutnya sampai dengan sekarang, banyak kepala pemerintahan negara asing dan tokoh-toko dunia yang menjadi tamu Indonesia selalu menyempatkan diri untuk datang kelokasi bencana kapal PLTD Apung dan situs-situs tsunami lainnya di Aceh.

Seiring perjalanan waktu, rencana pemerintah Aceh untuk menjadikan Kapal PLTD Apung dan kapal-kapal kecil lainnya yang terdampar kedarat sebagai situs tsunami dengan membangun monumen yang berskala internasional, kelak akan terwujud. Sampai sekarang ini, Kapal PLTD Apung semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

“Apabila anda hendak berkunjung ke Kota Banda Aceh, pasti ada rasa tidak puas sebelum anda sampai dan melihat kapal PLTD Apung yang sampai saat ini masih mendarat dan parkir dengan manisnya ditanah Kelurahan Punge Blang Cut. Kami mempersilahkan anda untuk naik keatas kapal dan menyaksikan dari atas
kapal keindahan panorama Kota Banda Aceh dan Sabang pascatsunami”.

Sumber dari http://pemudapungeblangcut.multiply.com/journal/item/2/Kapal_PLTD_Apung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s