Anas Urbaningrum Menang di Putaran Pertama

Anas Urbaningrum berhasil memenangkan putaran pertama pemilihan ketua umum DPP Partai Demokrat setelah meraih 236 suara atau 45% dari 529 suara pemiliah pada sore ini. Kemenangan Anas disusul oleh perolehan suara Marzuki Ali dengan 209 suara atau 40%. Sementara kandidat Andi Mallarangeng hanya meraih 82 suara atau 16%.

Pemilihan yang berlangsung tertib tersebut berjalan sekitar 3 jam dan berakhir pada pukul 14:30 WIB. Sekali-sekali terdengar suara dukungan kepada jagoan mereka namun tidak sampai mengganggu jalannya pemilihan ketua umum partai pemenang pemilu tersebut.

Ketua pemilihan EE Mangindaan mengumumkan skor atas acara pemilihan untuk memberi waktu kepada panitia mempersiapkan diri untuk putaran kedua pemilihan ketua umum PD. Kendati jumlah mereka yang memiliki hak suara sebanyak 531 orang dari unsur DPC, DPD, dan DPP namun hanya 529 yang menggunakannya atau dua suara dinyatakan abstain.

Sebelumnya, setelah melalui pengundian, masing-masing kandidat memperoleh nomor urut masing-masing dimana Anas Urbaningrum mendapai nomor 1, Andi Mallarangeng nomor 2 dan nomor 3 untuk Marzuki Alie.

Menurut Mangindaan, para pemilih hanya memilih nomor pilihan tanpa menulis nama kandidat. Sistem pemilihan yang sebelumnya sempat diusulkan melalui e-voting akhirnya tidak disepakati dan dilakukan secara manual.

Menurut rencana Kongres II Partai Demokrat akan ditutup malam ini oleh Ketua Dewan Pembina Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s