Gempa Aceh dan Mitigasi Bencana

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengumumkan, gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang wilayah Provinsi Aceh dan sekitarnya, dengan pusat gempa berada di lokasi 2,30 derajat Lintang Utara dan 96,87 derajat Bujur Timur, sekitar 75 km tenggara Sinabang, dengan kedalaman 34 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa susulan juga terus terjadi, antara lain pukul 05.26 dengan kekuatan 5,1 SR yang berada sekitar 60 km tenggara Sinabang dan pada pukul 05.28 dengan kekuatan 5,2 SR dengan pusat gempa sekitar 3,2 km timur laut Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Sistem peringatan dini dan kesiapan tanggap darurat

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief mengatakan, sistem peringatan dini dan kesiapan tanggap darurat di Indonesia perlu disempurnakan dengan penyiapan sistem mitigasi bencana.

Dikatakannya, Indonesia berada dalam kondisi geografis yang rawan bencana, khususnya gempa, sehingga perlu sebuah sistem mitigasi bencana yang terencana dan terpadu.  Pengalaman di negara rawan gempa seperti Jepang menunjukkan bahwa mitigasi bencana dapat mengeliminasi dampak-dampak mengerikan dari gempa, seperti jatuhnya korban jiwa.

Terkait gempa bumi Sumatra berkekuatan 7,2 SR, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) segera mengeluarkan peringatan potensi tsunami yang kemudian dicabut pada pukul 07.04 WIB. Laporan yang didapatkan Andi dari kota Sinabung menyebutkan bahwa aktivitas masyarakat di Pulau Simeulue berangsur pulih pada pukul 07.30 WIB.

“Idealnya, Indonesia memiliki Undang-Undang Mitigasi Bencana. Sebelum itu terwujud, kita perlu membuat sebuah pedoman mitigasi bencana secara nasional,” ujarnya, Rabu (7/4/2010) di Jakarta.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah menggagas penyusunan buku-buku pedoman mitigasi bencana yang rencananya akan disebarkan secara luas ke berbagai lembaga pemerintah di daerah serta publik.

Source : http://www.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s