Cara Mudah Verifikasi Blog WordPress di Google Webmaster Tools

Bagi anda yang baru membuat blog dan bingung karena blognya belum terindeks google, saya punya pengalamannya yang saya sharing di sini. Maklum, saya juga masih cupu urusan ngeblog. Untuk membuat agar blog kita terindeks di google, anda bisa memakai jasa google webmaster tools.

Bagi pemula, verifikasi blog wordpress di Google Webmaster Tools ini tidak semudah dibayangkan. Tapi jangan khawatir bro, berikut ini saya berikan cara mudah verifikasi blog wordpress di salah satu tools google tersebut.

Dengan mengikuti cara mudah ini, dijamin status blog wordpress  anda verified (terverifikasi). Dengan catatan, Anda harus memiliki Gmail terlebih dahulu. Bagi yang belum punya email Gmail, silakan bikin dulu. Gratis koq.

Tahap-tahap verifikasi blog wordpress di Google Webmaster Tools adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi http://www.google.com/webmasters/tools.

2.  Masukkan username dan password Gmail Anda.

3. Akan muncul tampilan Dashboard. Masukkan URL blog wordpress Anda pada kolom yang dikotaki merah di bawah ini. Lalu klik Add Site.

4. Akan muncul tampilan Overview. Tahap selanjutnya klik Verify your site

5. Muncul status blog wordpress kita yaitu Unverified. Untuk memverifikasinya, ada dua metode yaitu meta tag dan upload an HTML file. Pilih upload an HTML file, lalu copy kode HTML yang ada.

6. Pada browser lain, Login ke blog wordpress Anda. Klik PAGE , lalu klik ADD NEW. Paste kode HTML tadi ke di kolom Title. Bagian content gak perlu diisi

7. Di bagian Attributes, pilih halaman blog Anda yang akan dijadikan Parent. Dalam contoh ini saya memilih halaman Parent “Contact Me”. Lalu klik Publish. Halaman yang baru dipublish ini gak akan tterlihat di tampilan blog kita, namun Google masih bisa mengidentifikasinya

8. Kembali ke browser Google Webmaster Tools, klik verify.

9. Bila muncul You’ve successfully verified http…, ini berarti blog wordpress Anda telah VERIFIED. Selamat ya.

segitu aja dulu ya..

Thanks toex : mas Hermanyudiono.

Update…

Login ke dashboard wp anda, kemudian pilih “tools”, di sana ada 2 kolom verfikasi, yang pertama untuk verifikasi google, dan yang ke dua verifikasi bing. Berikut screenshotnya, semoga membantu. Jangan lupa klik “Save Changes” ;))

Webmaster Tools Verification for wordpress

42 thoughts on “Cara Mudah Verifikasi Blog WordPress di Google Webmaster Tools

  1. hai.. salam kenal…
    tengkyu share info-nya…

    tapi aq dah ikuti step-step nya…
    trs setelah verifikasi koq failed ya?

    nie infonya : Verification failed. The connection to your server timed out.

    step mana nie yg kurang pas?

    mohon advice.

    tengkyu…

  2. untuk blog yang menggunakan hosting khususnya wordpress, lebh mudah menggunakan cara verifikasi menggunakan HTML. SIlahkan copy script yang di sediakan oleh google, kemudia, paste sebelum tag

    Tag ini biasanya berada di file footer.php. Semoga membantu🙂

  3. Slm knl sob.., aq dah coba tapi gagal.., gimana dong solusinya agar bisa di verifikas webmaster? Tlong ksi tau q yg masih newbie., sebelumnya makasih banyak ya..

  4. Terimaksih Infonya. tapi ini kan memverefikasi untuk WP. trus kalau untuk Blog. taruh dimana code upload an Html nya yang di berikan oleh webmaster?? apakah di edit Html??? atau taruh di Page element?
    Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s