Kasus Twitter Luna Maya dan UU ITE

Sepertinya kasus twitter luna maya akan berlangsung dalam episode yang lama. Ketika sebelumnya masalah ini cuma di perbincangkan sebagai isu baru di dunia entertainment, kini masalah tersebut sudah mulai menyentuh sisi undang-undang di Indonesia. Ketika Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik alias UU ITE pertama kali diperkenalkan, banyak pihak yang telah mengira bahwa undang-undang tersebut akan menjadi semacam batu kerikil dalam kebebasan berbicara di Indonesia. Perkiraan tersebut menjadi nyata seiring dengan mencuatnya dua kasus yang berkaitan dengan kebebasan berbicara didepan publik yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia.

Yang pertama, adalah kasus Prita Mulyasari, yang mengkritik pelayanan Rumah Sakit Omni Internasonal, namun malah berakhir dengan dituntutnya ia oleh pihak rumah sakit tersebut. Yang terbaru menimpa selebriti Luna Maya. Luna, yang merasa wartawan infotainmen telah berbuat kasar terhadap Alea, anak kekasihnya, Ariel Peterpan, menuliskan caci-makinya terhadap para wartawan infotainmen melalui akun twitter-nya. Ujung-ujungnya, sama seperti halnya dengan tindakan RS Omni Internasional kepada Prita Mulyasari, para wartawan infotainmen yang merasa terhina malah mengadukan Luna ke pihak kepolisian dengan menggunakan dasar UU ITE tersebut.

Para wartawan infotainmen yang mengadukan Luna Maya ke pihak kepolisian sendiri dengan menggunakan dasar Pasal 27 ayat (3) UU ITE. Pasal itu sendiri berbunyi sebagai berikut: “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”

Pihak-pihak yang ingin menggunakan UU ITE tersebut seharusnya mempelajari terlabih dahulu apa isi UU ITE tersebut. UU tersebut memiliki dampak hukum yang sangat berat. Jangan karena menganggap namanya telah dicemarkan, langsung mengadukan ke kepolisian dengan dasar UU tersebut.

Dalam konteks seperti ini, ada baiknya bila pihak wartawan terlebih dahulu menggunakan UU Pers dalam melihat kasus Luna Maya. Dalam kasus tersebut, Luna akan diberikan hak jawab mengenai mengapa ia melontarkan kata-kata yang tidak pantas tersebut di depan publik.

6 thoughts on “Kasus Twitter Luna Maya dan UU ITE

  1. hi..,ini cuma sekedar masukkan saja buat Luna dan juga semua artis2kita,sebagai publik figur yg di kenal masyarakat banyak,ini juga berlaku bukan cuma artis saja,tapi org penting negara dll.
    Alangkah baiknya,dari sikap sehari2 kita benar2 di jaga,baik tutur kata dll.
    Karna, setiap saat,setiap menit kita melangka adalah hal yg dpt di pakai sebagai senjata,untuk berbalik melawan kita nantinya, dan itu semua tidak boleh kita salhkan,kepada Wartawan juga pengejar berita lainnya,terlebih infotemen,karna itu adalah tugas mereka,untuk membuat berita.
    Berita2 yg mereka tampilkan betul atou tidaknya, dapat kita hapus dan lawan itu semuanya cuma dengan Menjaga etiket dan hati2 melangkah,tata cara kita sehari2nya dll.biarlah masyarakat yg langsung menilai,apakah berita tersebut itu bohong atou benar.
    sekali lagi kita jangan menyalahkan siapapun cepat atou lambat pasti akan terbuka kasus ini, Buat Luna dan Ariel , corecsi diri dan kalou itu semua kalian benar2 tidak lakukan, jangan perna takut untuk menghadapi masalah ini.terima dengan lapang dada dan jalankan saja,mengikuti peroses,terima cobaan ini dengan sabar dan iklas juga jangan emosi,karna kalou kalian Emosi malah menamba fatal masalah ini. jalankan dengan lapang dada,supaya menjadi pelajaran yg sangat berharga untuk lebih sukses di kemudian hari.
    ini tidak membela sipapun juga,dan mohon maaf yg sebesar2nya kalou ada kata2 yg kurang baik.karna tidak ada maksud apapun juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s