Sisi Positif dan Negatif dari Facebook

foto cewek manis di facebookFacebook merupakan sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman lama,mantan pacar, keluarga jauh dan teman sekerja. Perusahaan ini mengembangkan teknologi yang memudahkan dalam sharing informasi melewati social graph, digital mapping kehidupan real hubungan sosial manusia. Siapun boleh mendaftar di Facebook dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal dalam lingkungan saling percaya.

Saat ini hampir semua kenal ama yang namanya facebook, dari yang gaptek hingga hi-tech semua tau! Facebook paling populer di Indonesia dan merasuk dalam semua pikiran anak muda jaman sekarang. Dengan facebook, kita dapat bertukar informasi dengan cepat kepada orang di seluruh nusantara,dari sabang sampai meraoke,bahkan ke penjuru dunia. Dengan di lengkapi foto dan profil, semakin menambah lengkap facebook ini untuk ajang kenalannnyari jodoh,bahkan narsisme?hehe. Seperti layaknya kenalan, pertama kali kita kenal pasti seru. Kita bertukar pesan, foto, bahkan janjian untuk ketemuan. Karena itu, facebook merupakan faktor pendorong masyarakat untuk menggunakan internet.
Pengaruh Facebook dalam kehidupan sosial sangat besar, di lingkungan sosial facebook dapat menjadi wadah dimana setiap orang dapat mengenal orang baru yang berasal dari berbagai belahan dunia dan daerah,, tanpa harus bertemu dan berkomunikasi secara face to face, bisa berkomunikasi dengan kawan lama yang sudah lama tidak berjumpa, mengetahui segala macam informasi yang up to date dari teman – teman yang bergabung dalam lingkungan pertemanan Facebook, dapat membangun relasi bisnis karna mulai banyak individu maupun coorporate yang mengiklankan bisnisnya, pengiriman pesan dari satu orang bisa di terima oleh banyak orang.

Facebook terutama sangat berguna untuk mencari teman-teman lama anda. Sebab secara otomatis Facebook akan memperlihatkan beberapa teman yang mungkin anda kenal dari jaringan teman anda sendiri, menarik juga kan?

Facebook dari sisi positif.

Contoh yang paling nyata adalah dalam hal silaturahim – yang dalam islam justru memiliki nilai ibadah yang sangat tinggi di sisi Allah SWT.

Dengan memanfaatkan medium internet yang tidak kenal batasan waktu dan geografis, seorang dapat menjadi pengguna facebook memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain,teman lama,mantan pacar,bahkan saudara jauh. baik itu melalui fitur Update Status, Online Chat maupun Message. Jika komunikasi itu dilakukan untuk sesuatu yang bermanfaat dan tidak berdampak negatif seperti penyebaran foto porno atau adegan vidio mesum, maka kenapa tidak. Misalnya; seorang adik di Palembang yang menggunakan facebook untuk menanyakan kabar kakaknya di Jakarta, seorang mahasiswa di Jogja yang meng-upload gambar desain lukisan karyanya agar bisa dikomentari dan ditanggapi oleh semua temannya dari seluruh dunia, mahasiswa komunikasi yang ingin mengadakan penelitian komunikasi melalui facebook,dst.

Facebook dari sisi positif.

Namun di sisi lain face book juga memiliki dampak negatif dalam kehidupan masyarakat sosial. Layaknya masyarakat kota yang suka jalan-jalan buat cari hal baru, sekalian cuci mata. Sebenarnya lucu juga kalau kita lirik kanan kiri. Orang-orang pada nongkrong di kursi istirahat ada yang ngobrol serius, ada yang arisan, ada yg cekakakan. Bermacam gaya deh…Sambil berbincang dengan teman lama, saya memperhatikan banyak orang yang berfoto-foto. Sambil bisik-bisik saya bilang, “Itu foto bukan cuma sekedar buat kenangan atau dokumentasi. Pasti mau dimasukin facebook.” hehe..

Hal ini menjadi hal yang lumrah, upload foto yang dianggap konyol sambil menantikan komentar dari teman-teman yang lain. Dalam konteks ini, hal seperti ini bisa menimbulkan hal-hal yang negatif. Bisa saja yang fotonya di upload akan merasa minder dan menjadi bahan ejekan.

Dalam hal ini, alangkah bijaknya facebook di gunakan sebagaimana fungsinya sendiri.🙂

Di sadur dari berbagai sumber :

http://laskartimbul.com

http://feegreeny.blogdetik.com

10 thoughts on “Sisi Positif dan Negatif dari Facebook

    1. Iya mas.. Stuju banget. Soalnya, segala sesuatu itu kan tergantung dari pemakainya. Kalau mau digunakan untuk hal yang berbau positif, pasti akan lebih baik.

      Terima kasih sudah mampir, dan salam kenal mas.🙂

  1. iya nih, aku sedang deactive FB ku. soalnya FB agak mulai mempengaruhi kehidupan pribadi. hehehe. eh tapi kalo kita deactive fb kita, temen2 kita dapet notifnya ga sih?

    salam kenal ya….🙂

    1. Mbak ardhya, seperti komentar saya di atas, segala sesuatu itu akan memberikan dampak tergantung dari bagaimana cara kita menggunakannya. Kalau masalah FB addict, saya pikir, hampir semua pengguna FB menjadi addict. Cuma, kita kan bisa memanajemenisasi sejauh mana addict itu.🙂

      Maksud mbak dengan deactive FB itu gmn ya ? Apa akunnya di delete atau ndak login-login lagi.

      Menurut saya, teman-teman di FB ga akan dapat notifikasinya kalau dua hal di atas dilakukan. Saran saya, kalau ndak mau aktif di FB lagi, cukup dengan membuat pesan di wall, saya yakin, kawan-kawan akan membacanya.

      Semoga penjelasan singkat saya bisa berguna. Terima kasih sudah mampir mbak, dan salam kenal.🙂

    2. ya…benar ucpan mu…
      belajarlah mencari kepercayaan orang lain..dan hadapi setiap permasalhan dengan penuh kesabar..karna orang yang sabar pasti di sukai orang..dan penuh cobaan,,,’
      salam kenal ya…sabri by wellcom to bengkalis.-riau telp 081378682407 hubungi ya..coalnya penasaran nih

  2. Mantab bro, ane demen gaya tulisan lo.

    Kalo dari sudut pandang ane Facebook itu salah satu fenomena teknologi modern. Baik atau buruk nya arah pemakaian dari teknologi tersebut tergantung dari si empunya jari-jari yang menekan keyboard and menganyunkan “tikus”.
    Kalo di arahkan ke “kanan” maka kemaslahatan yang di dapat, namun jika diarahkan ke “kiri” maka mudaharat yang di temukan.

    Well, tergantung masing-masing Facebooker.

  3. waduh, tersanjung banget nih, sang master memuji tulisan saya..

    However, sepakat banget ama Kang Isyoe, baik buruknya pesbuk itu tergantung dari kita yang memegang kendalinya.

    Layak di tunggu ni ulasana dari sudut pandang agama di blognya Kang Isyoe..

    Bravo..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s