Cegukan dan Cara Mengatasinya

definisi-cegukan-dan-cara-mengatasi-cegukanPernah dengar yang namanya “cegukan” atau dalam istilah bahasa Aceh “ceumekeuk“ ?. Pastinya semua kita pernah mengalaminya, dan bisa saya pastikan kalau kita lagi cegukan, itu adalah salah satu suasana yang tidak kita harapkan. intinya, sangat mengganggu.

Sebenarnya, apa sih cegukan itu ?

Cegukan, yang dalam bahasa medisnya disebut hiccups, tak hanya menyangkut organ tenggorokan, tapi juga organ-organ lain diantaranya otot-otot diagfragma, epiglotis (katup di tenggorokan), dan susunan saraf pusat (otak) serta saraf tepi (nervous prenicus). Tertutupnya katup atau epiglotis ini terjadi karena adanya gangguan di lengkung refleks. Dan, dalam beberapa kondisi, cegukan tentu bisa membahayakan.

Definisi Cegukan Menurut Wikipedia.

Menurut Wikipedia, Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Penyebab Terjadinya Cegukan.

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Dari hasil penelusuran di internet, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan.

Salah satunya yaitu dengan cara minum air putih sedikit demi sedikit secara kontinu tanpa berhenti sekalipun, terus menerus hingga terasa sudah tidak ada reaksi cegukan lagi……..

Sebagai ilustrasinya, coba minum air langsung dari botol sedikit demi sedikit sambil menahan nafas, (mulutnya dibuka sedikit untuk mengatur volume air yang mengalir), dan langsung kita telan tanpa dikumpulkan dulu ke rongga mulut, jangan pernah berhenti sebentarpun, kecuali untuk bernapas bila anda sudah tidak kuat menahan napas.

Jika masih tetap terjadi cegukan ulangi sekali lagi. tapi menurut pengalaman pribadi, sekali melakukan ritual diatas, cegukan langsung lenyap.

12 thoughts on “Cegukan dan Cara Mengatasinya

  1. Cegukan katanya pertanda mau gede, berarti boong ya?😀
    Btw, paling sebel kalo pas cegukan, soalnya sudah dicoba berbagai cara masih saja gak ilang-ilang. ^_^

  2. Minum baygon sedikit demi sedikit juga bisa ngilangin cegukan lo mas …..:P ( maaf just kidding) anyway resep diatas akan saya coba tapi saya tidak berharap cegukan, takut pas tidak ada air sama sekali ….he he he.
    Salam persahabatan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s