Gizi buruk oh gizi buruk..

Penelitian dengan jelas mengidentifikasi bahwa status kesehatan berpengaruh langsung terhadap hasil-hasil pembelajaran, baik dalam kemampuan memahami, tingkat kehadiran di sekolah, maupun tingkat putus sekolah. Ada sejumlah faktor resiko yang mungkin menyebabkan anak-anak di Indonesia, seperti di negara berkembang pada umumnya, masuk sekolah dengan status gizi rendah.

Banyak anak dilahirkan dengan berat badan di bawah normal akibat ibunya menderita defisiensi kronis dan masalah kesehatan selama hamil, praktik-praktik penyapihan yang keliru, dikombinasikan dengan penyakit malaria yang sering kambuh, infeski saluran pernapasan dan infeksi parasit lain pada usia balita, mengakibatkan tingkat pertumbuhan anak rendah dan sistem kekebalan mereka lemah. Rendahnya asupan gizi yang berlangsung lama, dan masalah spesifik lain seperti defisiensi vitamin, mineral dan iodium pada usia awal sekolah, juga dapat membahayakan perkembangan fisik dan intelektual.

Defisiensi zat besi menyebabkan kelesuan badan dan menganggu fungsi berpikir kognitif. Bila anak-anak mengidap cacing parasit, pengaruhnya sangat besar terhadap tingkat keaktivan mereka, sehingga memperlambat perkembangan keterampilan motorik (gerak) yang penting.

Namun, status medis dan gizi bukan satu-satunya penentu kehidupan yang sehat. Gaya hidup sehat tergantung kepada kecukupan air bersih, sanitasi dan higienis, standar kesehatan yang baik di rumah dan di kampung, serta lingkungan yang sehat. Seorang anak perlu belajar dalam situasi yang aman dan bebas dari kegelisahan atau ancaman kekerasan. Juga sangat didukung oleh lingkungan yang bersih dan sehat, adanya taman gizi yang mampu mendukung upaya peningkatan status gi anak, dan akses yang baik terhadap pelayanan medis serta ketersediaan obat-obatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s